Connect with us

Suara Difabel Mandiri (SDM)

Direktur SDM : Kerusakan Lingkungan Salah Satu Penyebab Orang Menjadi Difabel

Berita

Direktur SDM : Kerusakan Lingkungan Salah Satu Penyebab Orang Menjadi Difabel

JOMBANG, SuaraDifabelMandiri.org – Permasalahan lingkungan merupakan masalah serius diseluruh dunia khususnya di Jombang. Sanggar Hijau Indonesia (SHI), Rabu (16/9/2020) lalu menggelar pertemuan simpul belajar madani. Kegiatan ini menghadirkan KPI, Fatayat NU, WCC, SDM (Suara difabel mandiri), Jurnalis, Badan Musyawarah Antar Gereja, Lakspedam NU, dan PKK Kabupaten. Progam Madani Kabupaten Jombang ini mempunyai area bidang tematik, Mitra Utama yang akan berkontribusi dalam bidang tematik tata kelola sumber daya alam pengelolaan sampah.

“Simpul belajar dilakukan dengan mengembangkan kapasitas melalui praktik langsung. Salah satunya dengan membangun kapasitas untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah yang ada di daerah,” kata Manager Perkumpulan SHI, Yam Saroh.

Kegiatan pertemuan Inisiasi Simpul Belajar Madani melibatkan beberapa CSO (Civil Society Organization) lintas sektoral dengan isu lingkungan seperti LSM, yayasan, serta komunitas.

Dalam hal ini, nantinya simpul belajar bisa sebagai ruang bagi CSO dan stakeholder lain untuk berjejaring belajar, berbagi pengetahuan, dan issue-dialog terkait hal yang spesifik dan membangun aliansi.

“Tujuan kita sebenarnya adalah akuntabilitas good governance. Karena untuk memecah good governance kita tidak bisa bergantung pada pemerintah saja. Sehingga, perlu melibatkan semua sektor,” ujar Dian.

Dikatakan launching Inisiasi Simpul Belajar Madani, akan dilaksanakan paling cepat bulan September 2020 ini. Yang nantinya akan menjadi ruang saling belajar, beraksi, dan belajar bersama. Dikatakannya, saat ini yang akan dikerjakannya masih berkenaan dengan isu tematik lingkungan. Namun kedepannya tidak menutup kemungkinan jika pihaknya akan mendiskusikan dan mengadvokasi isu-isu strategis lainnya.

Ia juga berharap agar simpul belajar ini benar-benar mampu dijadikan ruang diskusi, belajar, menyampaikan ide, gagasan, mencari solusi, berkolaborasi, dan aksi bersama, untuk permasalahan atau isu-isu di masyarakat. Terutama yang terkait dengan tata kelola sumber daya alam pengelolaan sampah.

Hal ini senada dengan Suara Difabel Mandiri (SDM), Achmad Fathul Iman bahwa kegiatan Inisiasi Simpul Belajar Madani Bersama SHI ini merupakan salah satu wadah untuk belajar dan sharing terkait isu-isu lingkungan.

Forum ini sangat luar biasa, masalah sampah ini berdampak kesemua sektor, dan kerusakan lingkungan merupakan salah satu penyebab orang menjadi difabel” kata Iman.

Menurut Iman, alumni YSELI Connecticut Universitu of USA ini penggunaan  pestisida juga dikaitkan dengan autisme. Beberapa studi telah menemukan bahwa pestisida dapat mengganggu gen yang terlibat dalam sistem saraf pusat, kata Dr. Alice Mao, seorang profesor psikiatri di Baylor College of Medicine di Houston.

Para ilmuwan berpikir bahwa bahan kimia dalam pestisida dapat berdampak buruk secara genetis dan cenderung akan mengalami autisme. Selain itu, bayi yang terpapar obat-obatan tertentu di dalam rahim, termasuk asam valproat dan thalidomide, ditemukan memiliki risiko autisme yang lebih tinggi.

Thalidomide adalah obat yang pertama kali digunakan pada 1950-an untuk mengobati mual di pagi hari, kecemasan, dan insomnia. Obat itu ditarik dari pasar setelah dikaitkan dengan cacat lahir, namun saat ini diresepkan untuk kelainan kulit yang parah dan sebagai pengobatan untuk kanker (Hallodoc, 5/10/2020).

Iman menegaskan isu-isu lingkungan seperti ini perlu adanya perhatian khusus dan gerakan bersama. “Lingkungan yang rusak akan menghasilkan produk/makanan yang tidak baik untuk kesehatan, laut yang tercemar, tanah yang banyak bahan kimia, dll” Ucap Iman

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita

To Top