Connect with us

Suara Difabel Mandiri (SDM)

5 Kampus Populer Di Jawa Timur Yang Siap Menerima Mahasiswa Disabilitas

Gambar Kampus

Berita

5 Kampus Populer Di Jawa Timur Yang Siap Menerima Mahasiswa Disabilitas

Oleh : Rizky Ramadhani

              Bagi sebagian kalangan disabilitas, menempuh pendidikkan di perguruan tinggi rasanya merupakan hal yang sangat mustahil, sebenarnya sudah tidak terlalu mengherankan jika beberapa disabilitas beranggapan dan berpikir tentang hal yang demikian, pasalnya dulu memang banyak ditemui kampus yang belum bisa menerima serta memfasilitasi  mahasiswa disabilitas. Hal tersebut semakinn diperparah dengan stigma yang biasanya datang dari keluarga ataupun kerabat terdekat, yang kerap berucap bahwa penyandang cacat lebih baik fokus mengembangkan  keterampilan dan langsung mencari pekerjaan saja ketimbang harus repot-repot kuliah. Pada dasarnya stigma demikian tentu tidak dapat dipersalahkan begitu saja, karena permasalahan biaya dan paradigma masyarakat perihal disabilitas memang sulit untuk dirubah. Namun akan menjadi masalah apabila seorang disabilitas ingin kuliah, hanya saja terpaksa musti dipupus sebab masalah biaya dan ucapan-ucapan di sekitar yang malah menjatuhkan.

              Hal-hal yang demikian seyogjanya sudah tidak lagi terjadi di masa yang akan datang, karena seiring perkembangan pengetahuan serta kemajuan informasi di era globalisasi, kini disabilitas juga mempunyai  hak yang sama dalam menempuh pendidikkan di perguruan tinggi. Bahkan pemerintah telah membuat UU khusus perihal pendidikkan bagi para disabilitas, selain itu pemerintah juga menyediakan biasiswa khusus untuk para mahasiswa disabilitas. Jadi sesungguhnya sudah tidak terdapat halangan lagi untuk para disabilitas melanjutkan pendidikkan di kampus yang diinginkan, di luar support yang telah diberikan oleh pemerintah, sekarang ini sudah cukup banyak kampus negri ataupun suasta yang bisa menerima para disabilitas.

              Oleh sebab itu penulis akan memberikan informasi tentang kampus apa saja yang akses dan sudah bisa menerima para disabilitas, khususnya  di wilayah propinsi Jawa Timur. Tapi perlu diketahui tulisan ini hanyalah informasi, sehingga jangan menjadikannya sebagai ranking kampus terbaik ataupun patokkan mutlak dalam menentukan kampus pilihan. Selain itu mngkin juga masih banyak kampus-kampus di Jawa Timur yang sebenarnya sudah terbuka bagi para disabilitas, namun dikarenakan keterbatasan informasi sehingga menyebabkan kampus-kampus tersebut menjadi kurang terpublikasi. Baiklah kalau telah bisa dipahami, berikut ini adalah daftar kampus di Jawa Timur yang bisa menerima para disabilitas.

Daftar Kampus:

  1. Universitas Negri Surabaya.

Bagi masyarakat Jawa Timur, Universitas Negri Surabaya atau yang akrap di sebut UNESA, bisa dikatakan  sebagai kampus yang cukup terkenal. Tapi selain terkenal dikarenakan jurusan pendidikkannya, ternyata UNESA juga terkenal dengan inklusifitasnya. Bahkan terdapat jurusan PLB atau pendidikkan luar biasa, yang dimana masih jarang ditemui pada kampus-kampus lainnya. Tak cukup sampai di situ, belakangan UNESA juga membuka jalur pendaftaran khusus bagi para disabilitas.

  • Universitas Airlangga.

Universitas Airlangga atau yang biasa disebut UNAIR merupakan kampus yang tersohor karena jurusan kedokterannya, namun beberapa tahun belakangan ini UNAIR ternyata sangat serius mengembangkan dan mendalami perihal inklusifitas di kampus mereka. Keseriusan tersebut dapat dilihat dari usaha mereka membentuk komunitas relawan,  yang gunanya untuk membantu maupun mendampingi para mahasiswa disabilitas.

  • Universitas Negri Malang.

Seperti yang telah diketahui banyak orang, Universitas Negri Malang atau yang biasa disingkat UM, tidak dapat dipungkiri adalah kampus yang sudah berdiri sangat lama serta terkenal akan integritasnya dalam sumbangsih mencetak guru-guru hebat di luar sana Tapi yang perlu diketahui, UM merupakan kampus yang memiliki tingkat pelayanan yang baik terhadap para mahasiswa disabilitas.

  • Universitas Brawijaya.

Untuk mayoritas masyarakat di Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan Universitas Brawijaya atau yang kerap kita dengar dengan sebutan UB, pasalnya selain berdirinya yang sudah sangat lama, bahkan diresmikan pula oleh presiden pertama RI, UB juga bisa dikatakan sebagai kampus dengan support terhadap mahasiswa disabilitas yang paling memadai di Indonesia. Takhanya terdapat pelayanan khusus terhadap mahasiswa disabilitas, pendampingan terhadap mahasiswa disabilitas seperti tuli, netra, daksa maupun disabilitas mental dilakukan secara profesional, sehingga mahasiswa disabilitas tidak perlu takut jika mengalami hambatan pada saat proses pembelajaran.

  • Universitas IKIP PGRI Jember.

Universitas IKIP PGRI Jember adalah universitas yang telah berdiri semenjak 1979, IKIP PGRI Jember cukup terkenal dikarenakan sistem pendidikkannya menghasilkan banyak lulusan guru yang berkualitas, namun yang mungkin masih banyak belum orang ketahui, IKIP PGRI Jember merupakan kampus yang sangat ramah bagi para disabilitas, di samping itu saat ini telah terdapat beberapa mahasiswa disabilitas yang sedang menempuh pembelajaran di jurusan PLB Universitas IKIP PGRI Jember.

Sumber Foto:

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fpng.pngtree.com%2Fpng-clipart%2F20201216%2Foriginal%2Fpngtree-school-building-cartoon-campus-png-image_5689023.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fid.pngtree.com%2Ffreepng%2Fschool-building-cartoon-campus_5689023.html&tbnid=cujiC1aK1oYR7M&vet=12ahUKEwiNvp2p9tTxAhVINLcAHX_GBZkQMygGegUIARDAAQ..i&docid=jLhzOhK09XUZQM&w=1200&h=1200&q=gambar%20kartun%20kampus&ved=2ahUKEwiNvp2p9tTxAhVINLcAHX_GBZkQMygGegUIARDAAQ

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita

To Top